Selasa, 12 Juni 2018

Perawatan Bibit Durian Bawor


Merawat Durian Bawor Agar Tegak Lurus

Bibit durian, - Bagi pembudidaya durian mendapatkan hasil yang melimpah adalah dambaan. Buah lebat ini biasanya didapat dari pohon durian yang mampu tumbuh tinggi menjulang. Namun mendapatkan pohon yang mampu tumbuh tinggi perlu beberapa usaha lebih. Bahkan pengalaman telah menunjukkan bahwa hal ini perlu dilakukan perawatan sejak bibit durian disemai. Dengan begitu bakal pohon yang akan memproduksi bibit mampu memperoleh batang yang lurus dan kuat.

Memotong Cabang Bibit Durian Bawor Secara Teratur


Hal pertama yang perlu dilakukan untuk mendapatkan batang bibit durian yang kuat dan lurus adalah memotong cabang-cabang baru secara teratur. Hal ini bisa dilakukan ketika bibit telah berusa lebih dari enam bulan. Di usia tersebut biasanya bibit durian bawor telah memiliki percabangan. Guananya adalah untuk memfokuskan pertumbuhan batang bibit lurus ke atas. Dengan meminimalkan percabangan maka nutrisi yang diserap dari akar akan difokuskan untuk menaikkan tinggi bibit durian bawor.

Membuat Penyangga Sementara

Kiat berikutnya agar batang bisa tumbuh dengan lurus adalah dengan membuat penyangga. Penyangga ini bisa berupa ranting lurus yang diikatkan ke batang bibit durian. Tujuannya adalah untuk menstabilkan posisi batang bibit agar tetap tegak ke atas. Penyangga ini juga bisa digunakan untuk batang yang bengkol sejak awal tumbuh. Dengan begini batang bibit durian bawor Anda akan mampu tumbuh secara maksimal.

Membuat Tatakan yang Stabil

Hal yang mesti sering diperhatikan adalah posisi bibit durian ketika masih dalam masa penyemaian. Jika anda menggunakan polybag, maka anda perlu menyiapkan tatakan agar posisi kantong-kantong bibit durian bawor anda tetap stabil sepanjang waktu. Mengarahkan pucuk bibit durian ke atas adalah yang terbaik.
Di samping semua kita tersebut, anda juga perlu memeriksa kondisi bibit durian secara berkala. Hal ini untuk menjaga jika sewaktu-waktu posisi bibit berubah atau munculnya percabangan baru. Dengan begitu harapan untuk mendapatkan batang bibit tegak lurus yang menghasilkan panen melimpah bisa terpenuhi. Teliti sejak dini adalah usaha yang mesti dilakukan oleh para petani durian. 
bibit durian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar