Breaking

LightBlog

Selasa, 05 Juni 2018

Tanah Yang Bagus Untuk Penyemaian Bibit Durian Bawor


Menyiapkan Tanah untuk Penyemaian Bibit Durian Bawor

Bibit durian, Tanah yang tepat adalah bahan utama untuk kesuksesasan penyemaian bibit durian bawor. Sebagaimana kita tahu bahwa bibit durian bawor tidak bisa tumbuh di sembarang tempat dan di setiap jenis tanah. Tanah yang paling cocok untuk pembibitan durian bawor adalah tanah Grumosol atau Ondosol. Dua jenis tanah ini kebetulan cukup merata terdapat di seluruh Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir kesulitan mendapatkannya.
Tanah jenis Grumusol adalah tanah yang tersusun dari lempung-lempung halus. Biasanya tanah ini berwarna agak abu-abu sampai hitam. Ini adalah jenis tanah subur yang cocok untuk pertanian dan perkebunan.  Secara umum tanah jenis ini terdapat di pulau Jawa, Madura, Nusa Tenggara, dan Sulawesi  bagian selatan.

Jenis tanah yang kedua adalah Ondosol. Yakni berupa tanah yang terbentuk dari endapan abu vulkanik pegunungan. Tak heran tanah ini mudah dijumpai di dataran tinggi pegunungan. Secara umum tanah ini cocok ditanami apa saja, karena tingkat kesuburannya sangat tinggi. Untuk daerah lereng gunung api seperti sekitaran Merapi-Yogyakarta, Bromo-Jawa Timur dan gunung api lainnya tanah ini tak sulit diperoleh dengan cuma-cuma.

Dua jenis tanah di atas kemudian bisa dicampuri pupuk kandang jika untuk pembibitan durian bawor. Campurannya dalam kisaran perbandingan 1:1. Tanah yang telah dicampur kemudian langsung saja dimasukkan ke dalam polibag (kantong plastik) ukuran sedang atau kecil jika ingin menanamnya dalam jumlah besar. Setelah tanah dalam polibag siap, tempatkan di bawah atap yang melindunginya dari sinar matahari secara langsung.

Agar Bibit Durian Bebas dari Hama 

bibit durian

Sebagai tambahan untuk menjaga bibit dari jamur, tanah untuk pembibitan juga sebaiknya diberi anti-jamur atau fungisida. Pemberian anti-serangga atau intekstisida juga bisa dilakukan jika sekiranya di lingkuan sekitar Anda banyak terdapat semut atau serangga yang mungkin memakan bibit durian yang akan disemaikan. Setelah semua persiapan tersebut selesai barulah bibit durian siap untuk ditanam. Jangan lupa untuk menjaga suhu tetap rendah dan ketersediaan air dengan disiram secara berkala setiap hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox