Breaking

LightBlog

Jumat, 08 Juni 2018

Kiat Merawat Bibit Durian Bawor


Cara Sederhana Merawat Bibit Durian Bawor

Bibit Durian, _ Untuk Anda yang berniat untuk budidaya durian bawor, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui agar tanaman Anda tumbuh dengan baik. Mulai dari penyiraman, pemupukan, hingga pengaturan sinar matahari adalah hal yang penting. Pemeliharaan yang baik akan menunjang pertumbuhan bibit durian Anda sehingga mampu tumbuh dengan subur dan berbuah lebat.

Intensitas Penyiraman Bibit

Hal pertama yang mesti Anda perhatikan adalah intensitas dalam menyiram bibit durian bawor. Karena durian adalah jenis tanaman yang cukup sensitif terhadap air, maka hal ini perlu diperhatikan dengan saksama. Untuk penyiraman bibit durian bawor biasanya dilakukan tiap pagi dan sore. Dengan catatan penyiraman tersebut jangan sampai air menggenang. Hal ini sangat rawan terhadap bibit karena bisa membuat akar dan pangkal bibit membusuk.
bibit durian

Pemupukan yang Tidak Berlebihan

Meskipun tiap tanaman membutuhkan pupuk, tak terkecuali bibit durian bawor, namun hal ini tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Kiat yang paling utama adalah dengan mencampur tanah yang dipakai untuk bibit Anda dengan pupuk kandang. Hal ini telah cukup untuk menjadi pupuk dasar yang mampu menopang pertumbuhan bibit. Pupuk tambahan lainnya bisa Anda berikan dengan kadar rendah agar pertumbuhan semakin cepat. Intensitas yang dianjurkan untuk pemupukan tambahan adalah dua minggu hingga sebulan sekali saja.

Penjagaan dari Sinar Matahari

Selain rentan atas genangan air, bibit durian bawor juga sangat sensitif terkena sinar matahari secara langsung. Karena sinar matahari secara langsung mampu membakar daun bibit durian yang masih muda tersebut. Karena itu pengaturan atas intensitas sinar matahari ini perlu dilakukan. Karena pada dasarnya tiap pohon membutuhkan sinar matahari untuk tumbuh secara normal.
Dengan perawatan yang baik seperti di atas, kemungkinan bibit tumbuh dengan baik semakin besar. Agar pertumbuhannya maksimal Anda juga perlu memotong beberapa cabang agar batang bibit durian bawor tumbuh lurus ke atas. Dengan begitu pertumbuhan bibit akan maksimal hinga dewasa. Percabangan yang tak perlu hanya akan mengganggu pertumbuhan bibit untuk mampu mencapai ketinggian dan konsentrasi yang baik dari durian bawor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox