Kamis, 01 Oktober 2015

Membuat durian berbuah di luar musim

 

Membuat durian berbuah di luar musim


Secara umum, tanaman durian mulai berbuah di bulan Agustus sampai November. Namun, seiring perkembangan zaman, kini durian bisa dkembangkan dan dipanen tanpa mengenal musim. Anda tentu penasaran bagaimana cara membuat durian tetap berbuah, walau di luar musim? Berikut ulasannya

Pertama, cara mekanis. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh nenek moyang kita yang berkebun durian sejak lama. Pada prinsipnya, cara mekanis ini mengubah perbandingan unsur karbon dan nitrogen dalam tanaman. Nah, cara mekanis ini bisa dilakukan dengan lima cara berikut ini.
Pertama, kerat. Yaitu dengan mengerat pembuluh floem (kulit pohon) secara melingkar sepanjang lingkaran pohon sampai terlihat pembuluh xylem (kayu pohon). Kedua, Pruning. Yaitu dengan memangkas daun, cabang dan ranting pohon gundul atau hanya menyisakan sedikit daun (kira kira 100 daun untuk 1 kg buah)

Ketiga, pelukaan. Yaitu dengan melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya bisa dengan mengerok, mencacah, memaku atau mengiris kayu. Keempat dengan pengikatan yaitu mengikat erat pohon dengan kawat sehingga transpor hasil fotosintesa pembuluh floem terhambat.
Keempat, stressing air. Yaitu dengan tidak menyiram tanaman hingga titik layu permanen. Kemudian, dengan tiba tiba dilakukan penggenangan pada perakaran dan pangkal batang hingga jenuh air dalam waktu tertentu.

Cara kedua dengan cara kimiawi. Cara kimiawi ini dengan menggunakan zat agrochemica yaitu sejenis bahan zat aktif pengatur tumbuh (ZPT). Teknologi ini mengubah fisiologis tanaman dengan cara menghambat fase pertumbuhan vegetatif dengan peran hormon atau senyawa kimia tertentu agar muncul fase generatif (bunga dan buah). (Sobir Phd. 2010)

Anda berminat budidaya durian? Kami sedia bibit durian montong, bibit durian bawor dan bibit durian musang king


bibit durian



Baca Juga


4 komentar: