Minggu, 10 Juni 2018

Budidaya Bibit Durian Bawor dengan Metode Okulasi


Budidaya Bibit Durian Bawor dengan Metode Okulasi


Bibit Durian, _ Ada dua metode untuk membudidayakan bibit durian bawor, yaitu generatif dan vegetatif. Budidaya generatif sering juga disebut dengan budidaya tradisional. Hal ini dilakukan dengan menanam biji bibit durian secara langsung. Budidaya metode kedua adalah vegetatif yang bisa dilakukan dengan cara okulasi dan pencangkokan pada batang tanaman durian secara langsung. Kali ini kita akan mengulas langkah-langkah budidaya bibit durian dengan cara okulasi.

Okulasi Dilakukan dengan Cara Menyambung Batang Bibit Durian

Durian bawor adalah varietas yang dihasilkan dari cara pembudidayaan okulasi. Yaitu dengan menyambungkan dua batang bibit durian yang berjenis berbeda. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan bibit jenis baru yang lebih unggul, baik dalam rasa, produktifitas buah, hingga ketahanan pohonnya. Karena itu yang pertama mesti Anda siapkan adalah dua jenis bibit yang memenuhi kriteria tersebut.

Pilih Dua Jenis Bibit yang Berbuah Enak dan Berbatang Kuat

Bila Anda belum memiliki pengalaman terkait cita rasa durian, saya sarankan Anda memilih bibit durian montong sebagai bakal bibit durian bawor. Bibit durian jenis montong adalah yang paling banyak digunakan untuk menghasilkan bibit durian bawor. Hal itu karena bibit jenis ini bisa menghasilkan buah yang enak dan disukai banyak orang.
Berikutnya adalah mencari bibit durian yang tumbuh di sekitar Anda. Dengan mengkombinasikan bibit durian montong dengan durian lokal diharapkan bibit yang dihasilkan akan mudah beradaptasi dan hidup subur di lingkungan Anda. jika Memungkinkan, carilah jenis yang kokoh batangnya sehingga mampu untuk menopang pertumbuhan bibit durian dengan baik.
bibit durian


Tiga Batang Pangkal untuk Satu Pohon

Durian bawor pengembangan standar memiliki tiga pangkal batang yang digunakan untuk menopang satu ujung utama. Jika Anda masih ragu pada kekuatan batang pohon bibit durian lokal, bisa saja Anda menambahkan pangkal lebih dari tiga. Hal ini untuk memastikan bahwa bibit yang Anda tanam tumbuh dengan baik. Itulah langkal awal untuk pembibitan durian bawor. Langkah berikutnya akan kita bahas di artikel Cara Mengokulasi Batang Bibit Durian Bawor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar