Selasa, 05 Juni 2018

Area Yang Cocok Untuk Bertanam Bibit Durian


Durian Bawor Cocok Ditanam di Daerah Pegunungan

Durian sebagai salah satu buah yang digemari karena aroma dan rasanya yang enak ternyata lebih cocok ditanam di daerah pegunungan. Untuk itu bagi Anda yang tertarik bertanam durian bawor alangkah baik  jika Anda memiliki tanah atau ladang di daerah pegunungan. Ada beberapa alasan yang mendasari kenapa durian lebih cocok di daerah pegunungan. Berikut ini beberapa alasan yang mendasarinya.

Bibit Durian Membutuhkan Suhu Dingin

Hal penting yang perlu Anda ketahui adalah kebutuhan bibit durian akan suhu rendah untuk bisa tumbuh dengan baik. Suhu yang dibutuhkan antara 20-30 derajat Celsius. Suhu tersebut untuk wilayah dan iklim seperti  Indonesia biasanya ada di dataran pegunungan. Dengan ketinggian yang cukup dari permukaan laut, suhu ideal tersebut akan menopang pertumbuhan bibit durian.
Butuh Sinar Matahari yang Minim
Meskipun durian adalah salah satu jenis tumbuhan tropis, salah satu karakternya yang unik adalah sedikitnya sinar matahari yang ia butuhkan untuk tumbuh. Bahkan untuk usia bibit durian di bawah tiga tahun tidak disarankan terkena sinar matahari secara langsung. Karena sinar matahari secara langsung mampu membakar daun muda bibit durian yang baru tumbuh. Untuk itu penempatan bibit durian di tempat teduh akan sangat menentukan tumbuh kembang durian.
bibit durian

Bibit Durian Cocok dengan Danah Endapan Abu Vulkanik

Tanah yang terbentuk dari endapan letusan abu vulkanik sangat cocok untuk habitat pertumbuhan durian bawor. Tanah jenis ini biasa  disebut tanah ondosol. Dengan derajat keasaman 5-7, jenis tanah hasil kawah bumi tersebut akan menyuburkan. Keunggulan utama tanah pegunungan adalah kandungnnya akan tanah liat dan debu yang seimbang. Pergabungan dua jenis tanah tersebut lebih mampu mengikat air dibanding jenis tanah lainnya.
Selain tiga alasan tersebut ada juga keunggulan tanah pegunungan lainnya, yakni  kadar airnya yang tidak terlalu tinggi. Kadar air yang sedang ini membuat akar bibit durian bawor tidak mudah membusuk karena terendam air. Untuk itu bagi Anda yang hnedak bertanam durian bawor disarankan untuk teliti mengatur kadar air di habitat tumbuh durian bawor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar