Mengenal Buah Durian


Mengenal Buah Durian


Siapa yang tak kenal  buah durian. Buah yang terkenal dengan aromanya yang khas berpadu dengan rasanya yang manis gurih menjadi primadona di hati para pecintanya. Di Indonesia durian memiliki varietas yang banyak dan mudah ditemukan di sejumlah daerah dengan rasa , aroma, cirri khas dan nama nama yang berbeda beda pula.
Di Jawa, Betawi dan masyakat Gayo, durian biasa disebut dengan nama duren. Di sunda biasa disebut Kadu. Di Manado disebut dengan nama Duriang. Di Toraja dikenal dengan nama Duliang. Dan di Pulau Seram Sumbawa Timur dikenal dengan sebutan Rulen.
Pada mulanya, di Indonesia, durian adalah salah satu tanaman hutan. Mengingat rasanya yang enak, lalu masyarakat banyak yang mengembangkannya ke pekarangan atau perkebunan untuk dibudidayakan. Hal ini sejalan pula dengan nilai ekonomis durian yang memang harganya cukup tinggi dan stabil di pasaran dalam negeri dan luar negeri.
Berdasarkan data Direktorat Perbenihan dan sarana pertanian, Direktorat Jenderal Hortikultura, hingga tahun 2009 sudah ditetapkan sebanyak 71 varietas unggul nasional yang tersebar di Sumatra 14 varietas, Jawa 21 varietas, Kalimantan 21 Varietas, Bali 1 varietas, Sulawesi 5 varietas, NTB 6 varietas dan Maluku 3 varietas.
Jumlah tersebut tentu cukup banyak dibandingkan Negara lain seperti Thailand yang hanya memiliki 4 varietas unggul, yaitu monthong, kra dum thong, chanee dan puang manee, sedangkan Malaysia memiliki varietas 2 yaitu Musangking dan D24.
Dengan permintaan pasar yang selalu meningkat, menjadikan budidaya durian menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan di saat ini dan kedepannya. Tidak ada salahnya, anda yang memiliki kemampuan financial untuk mencoba mulai melirik budidaya durian. Dengan harapan, ketika panen untung besar seiring harga buah durian yang cukup tinggi di pasaran.

Tertarikkah mencoba budidaya durian? Kami siap membantu anda dengan menyediakan bibit durian unggul varietas Durian Bawor, bibit durian Montong, Musangking dan D24. Hubungi HP 083878208399

bibit durian montong

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenali Tanda-Tanda Durian Siap Panen

Cara Membuat Bibit Durian dengan Semai Batang Bawah

Membuat durian berbuah di luar musim