Selasa, 10 Juli 2018

Okulasi Bibit Durian Bawor


Cara Mengokulasi Batang Bibit Durian Bawor
Bibit Durian, Setelah mempersiapkan dua jenis bibit durian  yang akan Anda gunakan untuk mengokulasi durian montong dan lokal menjadi durian bawor, pastikan dulu bahwa batang yang akan Anda okulasi lurus dan cukup kuat. Sebisa mungkin ukuran batang yang akan menjadi pokok sama ukurannya. Hal ini akan membantu keseimbangan bibit durian bawor ketika tumbuh. Perbedaan ukuran tidaklah baik karena pertumbuhan pangkal bisa jadi tidak seimbang nantinya.
Ukuran Batang yang Ideal untuk Diokulasi
Ukuran standar batang yang bisa diokulasi adalah 1 cm. Biasanya bibit durian akan mencapai ukuran ini setelah berumur 8 hingga 10 bulan. Setelah memastikan ukuran lingkar batang bibit, sayatlah batang di kisaran tinggi 20 cm dari permukaan tanah. Ukuran sayatan berlebar sekitar 2 sampai 3 cm. Sayatan dibuat agak runcing, menyerupai lidah. Buatlah sayatan yang serupa untuk tiap bakal pangkal bibit durian yang akan diokulasi.
bibit durian

Menyayat Serupa Perisai untuk Ujung Bibit Durian Montong
Penyayatan serupa perisai dilakukan agak bakal ujung bibit dapat tersambung dengan baik dengan pangkalnya. Setelah memastikan penyambungan batang rapi, ikatlah batang dengan tali sehingga tidak mudah lepas. Untuk lebih amannya, sisipkan batang penyangga agar penyambungan batang tidak mudah bergeser. Kegagalan dalam tahap ini akan berisiko okulasi yang Anda lakukan gagal.
Memastikan Keberhasilan Okulasi
Cara memastikan keberhasilan okulasi adalah dengan melihat penyambungan batang yang Anda lakukan setelah dua minggu kemudian. Jika penyambungan berwarna hijau, maka okulasi yang Anda lakukan berhasil. Namun jika penyambungan berwarna coklat atau mengering, maka kemungkinan besar okulasi Anda gagal.
Itu beberapa tahap yang mesti Anda lakukan untuk membudidayakan bibit durian dengan cara okulasi. Selain langkah-langkah tersebut, hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah biji bibit yang Anda tanam telah tua dan matang. Karena ini akan mempengaruhi bakal bibit yang akan Anda gunakan untuk diokulasi. Penyiraman secara berkala juga mesti diperhatikan untuk memastikan okulasi Anda berhasil. Dengan memperhatikan beberapa detail kecil tersebut semoga pembudidayaan bibit durian bawor Anda berhasil dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar