Rabu, 01 Agustus 2018

Mengatur Intensitas Sinar Matahari untuk Bibit Durian


Mengatur Intensitas Sinar Matahari untuk Bibit Durian

Matahari adalah kebutuhan dasar untuk tiap tanaman bisa tumbuh. Sinar matahari sangat dibutuhkan untuk fotosintesis, yaitu aktifitas memasak makanan untuk tumbuhan. Hal ini dilakukan oleh daun. Sehingga walau bagaimanapun daun dari bibit durian senantiasa membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk melakukan fotosintesis. Namun ada beberapa catatan agar bibit durian tidak kelebihan sinar matahari yang bisa membakar daun itu sendiri.
bibit durian

Aturan Intensitas Sinar Matahari di Lingkungan Bercuaca Panas


Meskipun pohon durian adalah tumbuhan tropis, kebanyakan durian tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari. Jika Anda menanam durian di daerah yang panas, dengan kisaran suhu berada di atas 30 derajat celcius, maka perlu hati-hati dalam mengatur intensitas bibit durian memperoleh sinar matahari. Usahakan bibit durian Anda hanya memperoleh 40% dari panas matahari dari keseluruhan.

Aturan Sinar Matahari di Lingkungan Lembab dan Sedang

Habitat alami dari pohon durian adalah suhu 20-30 derajat celcuis. Suhu ini biasanya cenderung berada dalam taraf lembab dan basah. Untuk lingkungan seperti ini bibit durian sebaiknya diberi sinar matahari antara 50 sampai 70% dari panas harian. Jumlah tersebut telah cukup untuk menopang pembakan makanan dalam daun bibit durian.

Pembuatan Naungan untuk Membantu Intensitas Sinar Matahari Bibit Durian

Karena tidak mampu menerima panas matahari 100% ada baiknya Anda menyiapkan naungan yang mampu melindungi bibit durian dari panas matahari secara langsung. Naungan ini bisa dibuat dari kelambu bekas atau kain penutup lain yang mungkin menghalangi sinar langsung mengenai daun. Alangkah baik jika naungan ini bisa dibuka dan ditutup sesuai kebutuhan. Karena itu pembuatan naungan semi permanan adalah tempat yang baik untuk penyemaian bibit durian Anda.
Demikina itu beberapa hal yang perlu diketahui agar bibit durian Anda tidak mati karena terbakar matahari. Penyesuaian di musim yang berbeda sangat dibutuhkan untuk menjaga bibit durian Anda mampu tumbuh dengan baik. Maka pemahaman atas musim dan kebutuhan sinar matahari bibit durian menjadi sangat penting untukk Anda yang berniat membudidayakan durian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar