Kamis, 05 Juli 2018

Fungsi Jaring Untuk Budidaya Durian


Pemasangan jaring untuk mencegah kerusakan buah durian saat panen

Bibit Durian, - Bagi pelaku budidaya durian, saat panen adalah saat yang menggembirakan. Musim panen yang telah di tunggu-tunggu sejak awal menanam bibit durian, hasil panen yang memuaskan dengan minimnya kerusakan pada buah menjadi kepuasan tersendiri bagi petani bibit durian unggul. Kerap kali kerusakan pada buah menjadi kendala tersendiri bagi pembudidaya durian.
Kerusakan yang terjadi pada buah durian dapat di sebabkan oleh banyak hal, di antaranya dapat dikarenakan penyakit yang menyerang buah. Dapat juga dikarenakan serangan hewan pemakan buah atau dapat juga terjadi karena buah yang masak pohon terjatuh dari ketinggian yang langsung menyentuh tanah. Buah durian yang terjatuh langsung ketanah dapat membuat kulit buah pecah dan terlihat tidak menarik lagi.

Fungsi Jaring Bagi Durian

Kerusakan pada buah durian dapat mengakibatkan harga jual buah jatuh. Alih-alih mendapat untung melimpah, kerusakan buah justru membuat petani mengalami kerugian yang besar. Maka dari itu kerusakan buah harus segera di cegah. Apabila kerusakan buah dikarenakan hama dan penyakit yang menyerang, maka harus di basmi dengan berbagai obat – obatan baik secara organic maupun anorganik. Sedangkan apabila kerusakan buah durian di karenakan terjatuh ke tanah, maka perlu ada solusi tepat agar kejadian tersebut tidak berulang.
jaring durian

Bibit durian yang sudah di tanam dengan susah payah, di rawat hingga dewasa sampai tiba saat nya menghasilkan buah yang siap di panen akan saying sekali rasanya jika di biarkan jatuh sendiri ke tanah langsung yang berakibat buah mengalami kerusakan yang dapat merugikan petani. Kerusakan tersebut dapat di minimalisir dengan memasang jaring sebagai penampung buah di bawah setiap pohon.
Pemasangan jarring ini dapat mencegah buah langsung jatuh ke tahah yang berakibat kerusakan pada buah. Selain itu fungsi jarring penampung buah juga memudahkan dalam proses pengumpulan buah durian saat panen, Selain banyak fungsinya jarring penampung buah juga cukup hemat. Penerapan jarring penampung buah dapat menggunakan paranet, wareng atau bahan pertanian lain yang memungkinkan.
Alangkah lebih baik apabila pemilihan bahan jarring penampung buah mempertimbangkan bahan yang awet, sehingga tidak hanya dapat di gunakan dalam sekali musim panen saja. Bahan yang dapat di gunakan berulang dalam setiap panen akan menghemat biaya yang di keluarkan. Jadi penanam bibit durian dapat sedikit bernafas panjang.
Demikian sedikit ulasan dari kami, semoga dapat menginspirasi dan membawa manfaat bagi pembaca semua. Bagi anda yang sedang membutuhkan bibit durian untuk di budidayakan segera hubungi kami secepatnya karena ada penawaran menarik khusus bagi anda pembaca yang budiman. Segera ambil kesempatan ini , karena tidak akan datang dua kali. Salam sukses untuk anda semua…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar