Senin, 02 Juli 2018

Memaksimalkan Pertumbuhan Batang Bibit Durian Monthong


Tips Memaksimalkan Pertumbuhan Batang Bibit Durian Monthong


Bibit Durian,- Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu cara meningkatkan hasil panen durian Monthong adalah dengan memaksimalkan pertumbuhannya pohonnya. Bibit durian Monthong akan mampu berbuah lebat jika pohonnya mampu tumbuh tinggi menjulang. Namun merawat bibit durian Monthong hingga tumbuh tinggi perlu kiat khusus berikut ini adalah beberapa cara untuk memaksimalkan pertumbuhan pohon bibit durian Monthong.

Memotong Percabangan Bibit Durian Sejak Dini

Langkah awal untuk memaksimalkan pertumbuhan batang bibit durian Monthong adalah dengan dengan memotongi percabangan baru secara teratur. Pemotongan ini biasanya dilakukan ketika bibit durian berusia lima bulan. Hal itu terus dilakukan hingga bibit dewasa ketika ditanam di ladang terbuka. Pemotongan dilakukan untuk memfokuskan pertumbuhan batang bibit durian Monthong tegak lurus ke atas. Dengan mengurangi percabangan maka pertumbuhan bibit durian akan fokus ke batang utama saja.
bibit durian

Menyangga Batang Utama

Sebab batang bibit durian Monthong usia awal masih lemah, sebaiknya Anda membantunya menegakkannya dengan penyangga. Penyangga bisa berupa kayu lurus yang diikatkan pada batang bibit durian Monthong. Hal ini sangat bermanfaat untuk menstabilkan posisi batang bibit durian agar tetap tegak. Penyangga ini juga bisa membantu meluruskan batang bibit durian yang tumbuh membengkok. Sehinggapertumbuhan batang bibit durian Monthong Anda akan tegak sejak kecil.

Membuat Dudukan yang Stabil

Dudukan yang stabil sangat diperlukan ketika usia bibit masih muda. Biasanya pembudidaya membuat bedeng untuk menjaga kestabilan posisi bibit durian. Bedeng sangat membantu jika bibit durian Monthong Anda masih di dalam polybag. Dengan bedeng yang rata posisi kantong-kantong bibit durian Monthong tidak akan bergeser. Posisi yang stabil akan memudahkan bibit mengakses sinar matahari secara baik.
Selain tiga cara tersebut, Anda juga bisa membantu pertumbuhan batang dengan memberi pupuk buatan. Pupuk buatan (pupuk NPK) akan membantu pertumbuhan vegetatif bibit durian Monthong. Dengan percebatan pertumbuhan yang dibantu oleh pupuk tersebut batang akan tumbuh maksimal jika diimbangi dengan memangkas percabangan baru secara cermat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar