Minggu, 09 September 2018

Bagaimana Mencegah Kerontokan Bakal Buah Durian?


Mencegah kerontokan bunga dan bakal buah pada tanaman durian

Bibit durian yang di tanam pada musim penghujan akan tumbuh menjadi tanaman kokoh seiring pergantian waktu. Bibit durian yang sudah besar menjadi tanaman yang siap produksi. Pohon durian biasanya akan berbunga pada kisaran bulan agustus hingga September setiap tahunnya. Namun kadangkala di luar bulan-bulan tersebut pun pohon durian dapat memunculkan bunga. Pada umumnya pohon durian akan berbunga serempak berbarengan pada musimnya.
bibit durian

Pada masa pembungaan dan calon buah ini lah merupakan waktu krusial bagi pohon durian dalam memproduksi buah. Sehingga pada masa ini perlu di jaga dengan baik, karena masa pembungaan adalah masa penentu hasil buah yang sudah di tunggu selama masa budidaya durian. Apabila masa pembungaan, bakal buah sampai berbuah pohon durian dalam keadaan sehat tidak terpapar penyakit maupun hama maka dapat di prediksi buah yang di hasilkan akan baik pula.

Begitu pula sebaliknya apabila pada masa pembungaan dan bakal buah belum sampai menuju fase berikutnya sudah menemui tanda-tanda kerontokan. Maka dapat dilihat perkembangan bakal buah pun tidak bisa dikatakan baik. Hal ini akan mengurangi produktifitas pohon durian dalam menghasilkan buah. Sehingga perlu diberikan solusi jitu untuk mencegah kerontokan bunga dan bakal buah pada tanaman durian.
bibit durian


Penyebab Kerontokan Bunga

Kerontokan bunga dan bakal buah pohon durian dapat di sebabkan beberapa faktor, diantaranya bisa dikarenakan faktor alam seperti angin dan curah hujan yang cukup tinggi. Bisa juga karena faktor dari pohon durian sendiri karena terkena penyakit. Kerontokan bunga dan bakal buah juga dapat di sebabkan karena kurangnya nutrisi yang di butuhkan oleh pohon durian. fosfat dan kalium menjadi kebutuhan wajib pada masa pembungaan.

Solusi Mengatasi Kerontokan Bunga

 kandungan kalium dalam tanah yang sangat terbatas, akan berimbas pada kerontokan bunga dan bakal buah, intensitas kerontokan pun semakin sering. Kerontokan buah ini akan semakin parah jika pasokan air dari dalam tanah ke tanaman juga terbatas. Pemberian nutrisi berupa pupuk yang sesuai kebutuhan tanaman perlu di berikan untuk mengurangi kerontokan yang lebih parah. Pemberian pupuk yang mengandung KCL dan KNO3 dapat di lakukan untuk perawatan bibit durian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar