Senin, 17 September 2018

Asal Muasal Durian Musang King


Mengetahui Asal Bibit Durian Musang King


Bibit Durian,- Meskipun banyak yang menggemari bibit durian Musang King, tidak banyak yang mengetahui bahwa jenis durian ini berasal bukan dari Indonesia. Awal mula bibit durian yang berbuah besar dan lezat ini dikembangkan di Malaysia. Sehingga pada awal-awal populernya buah durian jenis ini bibitnya agak susah didapatkan di Indonesia. Sejauh ini banyak petani Indonesia yang membudidayakannya secara okulasi. Dengan bermodal bibit durian dari Malaysia, mereka mengembangkannya secara massal setelah tumbuh dewasa.

Asal Nama Musang King

Pemeberian nama Musang King memiliki beberapa alasan khusus. Asal mula penamaan musang adalah karena pertama kali didapatkan jenis bibit durian ini di daerah sekitar goa Musang, kawasan Tanah Merah, Kelantan, Malaysia. Di Malaysia jenis durian ini biasa disebut Mou San Wan yang berarti Raja Kucing. Ada banyak sebutan lain juga seperti Raja Kunyit atau Raja Durian. Namun yang terkenal di Indonesia jenis ini disebut sebagai durian Musang King, kurang lebih maksudnya raja durian dari goa Musang.
bibit durian


Beredar di Indonesia Mulai Tahun 2011

Tidak ada catatan yang jelas perihal cara peredaran awal bibit durian Musang King di Indonesia. Hingga mencapai kepopulerannya seperti sekarang, durian Musang King diketahui lebih banyak karena ukuran buahnya yang besar dengan daging tebal. Selain itu juga oleh rasanya yang manis dengan aksen pahit dengan warna kuning kunir. Media daring Kompas.com mencatat bahwa sejak 2011 durian Musang King telah sangat populer di Indonesia.

Dikembangkan di Indonesia dengan Cara Vegetatif  

Karena peredaran bibit durian Musang King relatif langka pada awalnya, pengembangan bibit durian unggulan negeri Jiran ini banyak dikembangkan dengan cara mencangkok di Indonesia. Hal ini lebih mudah karena bisa membuat bibit dalam skala besar dari satu jenis pohon durian Musang King saja. Cara yang mafhum digunakan adalah dengan mengombinasikan dahan durian Musang king dengan bibit durian lokal Indonesia. Dengan itu didapatkan bibit durian baru yang bisa mewarisi keistimewaan bibit durian Musang King.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar