Minggu, 13 Desember 2015

Pembibitan Durian Dengan Tunas Sambung Pucuk


Pembibitan Durian Dengan Tunas Sambung Pucuk

Cara kerja pembibitan durian dengan sambung pucuk adalah sebagai berikut :
·         Tetapkan pohon induk durian sebagai sumber mata tunas. Pohon induk sebaiknya dipangkas kira kira empat bulan sebelum pengambilan entris agar diperoleh mata tunas sambungan dalam jumlah banyak dan bermutu.

·         Pilih tunas pucuk dari ranting yang tegak sampai miring 45 derajat dan tangkai pucuk bernas sepanjang 12 cm. Tangkai daun segera dipotong dengan menyisakan tiga helai daun (satu pasang ditambah satu daun pada bagian ujung). Daun daun tersebut selanjutnya dipotong dengan menyisakan masing masing seperti bagian helai daun.

·         Jika mengggunakan pucuk yang tidak dorman, maka pilih ranting yang lebih panjang karena bagian pucuk yang tidak dorman harus dipotong selanjutnya beri perlakuan yang sama pada rantingyang dorman tersebut diatas.

Ranting tunas sambung dapat disimpan maksimal 1-5 jam dengan penyimpanan yang baik menggunakan pisang atau dikemas dalam kardus  yang dilapisi kertas koran basah.


Anda ingin budidaya durian? kami sedia bibit durian kualitas unggul seperti bibit durian montong, bibit durian bawor, bibit durian merah, bibit durian petruk. 

Baca Juga



sambung pucuk durian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar