Minggu, 20 Desember 2015

Langkah Mudah bertanam Durian

Langkah Mudah bertanam Durian


Durian adalah salah satu tanaman yang membutuhkan banyak suplai air. Itulah sebabnya, menanam durian paling cocok di awal musim penghujan seperti saat ini. Untuk penanaman durian sebaiknya dilakukan di sore hari, yakni di saat matahari tidak bersinar terik agar bibit memperoleh udara yang segar di malam hari.

Jarak tanam untuk tanaman perkebunan durian sebaiknya antar baris sekitar 12 m dan dalam baris 8 m.  Namun, bila daerahnya cukup air atau berlimpah air bisa dengan jarak antarbaris 10 m dan jarak dalam baris 6 m. Pemeliharaan durian dengan cara seperti ini, harus dilakukan pemangkasan tajuk agar memperoleh hasil yang maksimal.

Langkah awal budidaya durian


Nah, berikut adalah tahapan dasar dalam menanam durian:

1.       Pada tahap pengajiran, bersihkan lahan dari gulma (suket) , ranting dan sisa tebangan pada  radius atau jarak 1 meter dari titik tajir.

2.       Buat lubang tanam sedalam 30 cm dengan ukuran 60 x 60 x 60 cm untuk tanah gembur, sedangkan tanah berat atau berbatu dibuat ukuran 100 x 100 x 100 cm. Jarak tanam pada lahan datar dibuat arah barisan timur barat dan pada lahan miring agar barisan memotong kemiringan. Di saat menggali lubang tanam, pindahkan tanah galian ke atas sebelah kanan lubang dan tanah galian bawah ke sebelah kiri lubang.

3.       Biarkan lubang dalam kondisi terbuka selama 1 minggu. Lalu masukkan pupuk organik yang sudah terurai sempurna sebanyak 35 kg/ lubang dan pupuk SP-36 sebanyak 250 g.

4.       Sebelum penanaman, dianjurkan memeriksa PH tanah . apabila tanah bersifat masam tambahkan kapur pertanian (dolomit) kurang lebih 3 kg / lubang. Ambil bibit durian, buka plastik pembungkus, lalu tanam secara hati hati.

5.       Tanam bibit durian dalam lubang tanam hingga sebatas leher akar tanpa mengikutkan batangnya . tambahkan sisa media tanam dari campuran tanah, pupuk kandang dan dolomit.

6.       Siram air secukupnya setelah selesai tanam agar kelembaban tanaman durian terjaga.

7.       Supaya tanaman durian tumbuh tegak lurus ke atas, tancapkan batang kayu  di sisi tanaman sebagai tajir supaya tanaman dapat tumbuh tegak lurus. Ikatkan batang dan tajir menggunakan rafia.


8.       Untuk menjamin pertumbuhan awal bibit durian, beri naungan dengan paranet atau daun kelapa selama tiga bulan. Tujuannya untuk mengurangi dampak sinar matahari langsung demi menjaga kelembaban tanaman durian.    

bibit durian


Tidak ada komentar:

Posting Komentar