Breaking

LightBlog

Rabu, 15 April 2020

Bibit Durian Bawor


Kapan Durian Bawor Mulai Berbuah?
Kebanyakan bibit durian membutuhkan waktu yang lama untuk berbuah. Usia normal pohon durian mampu berbuah pertama kali adalah di usia 10 sampai 12 tahun. Karena itu banyak pembudidaya durian berusaha untuk membuat tanamannya cepat berbuah dengan memberi pupuk dan perawatan secara intensif. Namun ada cara lain yang mampu memangkas masa berbuah durian, yakni dengan metode okulasi. Hal inilah yang kemudian melahirkan bibit durian jenis baru, durian bawor.
Mampu Berbuah di Tahun Ketiga  
Jika dibanding dengan jenis durian lain, bibit durian bawor mampu memangkas waktu berbuah lebih dari setengah dari usia normal. Pada tahun ketiga saja bibit durian bawor sudah mulai berbuah. Pada tahun awal-awal berbuah ini biasanya durian bawor tidak terlalu banyak menghasilkan buah. Hal ini lebih disebabkan karena pohon durian bawor masih berukuran kecil. Sehingga buah yang dihasilkannya pun masih tergolong minim.
Menghasilkan Antara 20 Sampai 30 Butir Buah Pertama
Ketika berbuah pertama kali, memang kita tidak bisa mengharap terlalu banyak. Berbeda dengan pohon durian dewasa yang pada umumnya mampu mencapai buah hingga ratusan. Buah dari bibit durian bawor saat pertama kali berbuah masih sedikit, yakni kisaran 20 sampai 30 butir saja. Namun dibanding dengan pohon durian pada umumnya, pencapain ini sangatlah menguntungkan karena mampu dipanen lebih cepat.

Mampu Berbuah Ketika Ketinggiannya Baru Mencapai 3-4 Meter
Hal yang juga cukup praktis dari bibit durian bawor adalah mampu berbuah di kala tinggi pohonnnya belum maksimal. Hal ini cukup menguntungkan dalam perawatan dan pemanenan buah ketika musim panen tiba. Dengan ketinggian yang masih terjangkau tersebut, kita tak perlu banyak mengeluarkan tenaga dalam perawatan dan pemanenan.
Dari tiga keunggulan tersebut tentu kecepatan berbuah adalah keunggulan utama. Hal ini sangat menguntungkan dari sisi ekonomi. Pembubidaya tidak perlu mengeluarkan ongkos yang besar untuk dapat meemtik hasilnya. Maka wajar saja bibit durian bawor kini menjadi bibit yang banyak dicari oleh pembudidaya buah.




2 komentar:

Adbox