Breaking

LightBlog

Sabtu, 23 April 2016

Persiapan Sebelum Memulai Budidaya Durian


Persiapan Sebelum Memulai Budidaya Durian


penanaman durian tentu saja membutuhkan perencanaan yang matang dan cermat. salah mengelola bisa bisa membuat tanaman durian anda gagal total alias mati atau rusak. Hal hal yang perlu diperhatikan adalah pengukuran pH tanah, analisis tanah, penetapan waktu atau jadwal tanam, pengairan, penetapan area penanaman, pengaturan volume produksi, penyiapan bibit, pupuk dan lain sebagainya.

 Pemukaan Lahan Durian


Pembersihan dan pengolahan lahan dilakukan beberapa minggu sebelum penanaman bibit durian berlangsung. Batu batu besar, alang alang, pokok pokok batang pohon sisa penebangan disingkirkan. Perlu dibersihkan dari tanaman liar, rumput yang mengganggu proses pertumbuhan.

 Pembentukan Bedengan

Tanah untuk bedengan pembesaran harus dicangkul dahulu sedalam 30 cm hingga gembur, kemudian dicampur dengan pasir dan kompos yang sudah jadi. Untuk ukuran bedengan lebar 1 m sepanjang 2 m, diberi 5 kg pasir dan 5 kg pupuk kompos. Setelah tanah, pasir dan kompos tercampur merata dan dibiarkan selama 1 minggu. Pada saat itu juga tanah disemprot Vapan atau Basamid untuk mencegah serangan jamur atau bakteri penyebab busuk jamur.
Di sekeliling bedengan, perlu dibuatkan saluran untuk penampung air. Jika bedengan sudah siap, biji yang telah tumbuh akarnya tadi segera ditanamdengan jarak tanam 20 x 30 cm. Penanaman biji durian dilakukan dengan cara dibuatkan lubang tanam sebesar biji dan kedalamannya sesuai dengan panjang akar masing masing. Setelah biji tertanam semua, bagian permukaan bedengan ditaburi pasir yang dicampur dengan tanah halus hasil ayakan setebal 5 cm.

Pengapuran Lahan Budidaya durian


Keadaan tanah yang kurang subur misalnya tanah podzik (merah kuning) dan latosol (merah-coklat-kuning), yang cenderung memilikipH 5-6 dan penyusunannya kurang seimbang antara kandungan pasir, liat dan debu dapat diatasi dengan pengapuran. Sebaiknya dilakukan menjelang musim kemarau seperti saat ini dengan kapur pertanian yang memiliki kadar CaC03 sampai 90 %. Dua sampai 4 minggu sebelum pengapuran, sebaiknya tanah dipupuk dulu dan disiram 4-5 kali. Untuk mencegah kekurangan unsur Mg dalam tanah, sebaiknya dua minggu setelah pengapuran, segera ditambahi dolomit.

Anda ingin budidaya durian? Kami sedia bibit durian unggul semacam bawor, montong, musang king, durian duri hitam, petruk dan lain sebagainya. Kami siap kirim kirim ke seluruh nusantara dan kerjasama dalam pengadaan bibit untuk budidaya durian. Hubungi sms/WA kami 087838393451. Salam sukses untuk petani durian unggul.

bibit durian



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox