Kamis, 21 Januari 2016

Penyakit Busuk Akar dalam Budidaya Durian


Penyakit Busuk Akar dan Pengendaliannya

Tanaman durian kadang kala terserang penyakit yang disebut busuk akar dan disebabkan oleh bakteri atau virus yang disebut Phytium complectens Braun. Bagaimana gejalanya?, penyakit ini memiliki gejala berikut ini.

Serangan dimulai dari akar ditandai dengan  timbulnya bercak nekrotik pada akar lateral, dimulai dari bagian ujung. Nila dilihat dari luar, akar yang sakit tampak normal, tetapi jaringan kulitnya menjadi coklat tua dan bagian berkayu berwarna merah muda. Pada tingkat serangan tinggi, di atas permukaan tanah terdapat ujung ujung cabang pohon yang mati, diikuti dengan berkembangnya tunas tunas dari cabang cabang di bawahnya, daun layu kemudian gugur.

Pengendalian


Pencegahan tanaman durian yang terkena serangan ini bisa dilakukan dengan memperbaiki drainase  serta memilih batang bawah yang tahan penyakit. Tanaman sudah telanjur terserang harus dibongkar dan dimusnahkan. Sementara pengobatannya bisa menggunakan fungisida berbahan aktif mankozeb, seperti Dithane M 45 sesuai dosis yang disarankan. 

1 komentar: