Mengapa berbisnis durian?


Mengapa berbisnis durian?


Durian adalah salah satu buah unggulan yang menjadi primadona masyarakat Indonesia. Penggemar durian tersebar di seluruh indonesia dan merata di semua kalangan. Anak anak dan dewasa menyukai durian. Oleh karenanya, wajar bila durian banyak diburu pembeli. Sedemikian besar penghobi durian, wajar bila harga durian kian mahal. Meski demikian, tetap tidak menyurutkan langkah mereka untuk membelinya.
Seperti yang diceritakan Hasan (45), salah seorang pedagang durian asal Bekasi yang menekuni usaha durian selama enam tahun di jalan Kalibata, ia mengaku mampu menjual durian dengan harga mulai dari 30 ribu hingga 45 ribu per buah, tergantung jenis dan ukurannya.
Berikut alasan memilih usaha budidaya durian.

Pertama, pangsa pasar yang prospek. Penghobi durian amat banyak, bukan saja di Indonesia, tetapi juga dunia internasional alias pasar ekspor. Itulah sebabnya, potensi penjualannya sangat tinggi. alasan kedua, durian bisa dijadikan bahan baku industri olahan makanan dan sejenisnya. Durian bisa diolah sebagai es durian, dodol durian, lapis legit durian dan lain sebagainya, sehingga memberi nilai tambah bagi durian.

 ketiga, potensi ekspor yang tinggi, Permintaan ekspor dari luar negeri seperti Prancis, Belanda, Brunei, Australia, Malaysia dan Hongkong amat tinggi sehingga berapapun banyak durian akan siap diserap oleh mereka. Bahkan di Jepang, harga durian bisa mencapai 10 ribu yen atau sekitar 700 ribu rupiah. wow, menarik bukan?.

keempat, cara budidayanya relatif agak mudah. Anda tinggal menyiapkan lahan, bibit durian, pupuk dan ketekunan dalam pembudidayaanya. Anda tidak perlu sekolah tinggi tinggi dalam budidaya durian. Yang penting anda punya niat dan tekat untuk menekuninya saja.

Meski demikian, budidaya durian tidak bisa dilakukan asal saja. Anda butuh belajar ke ahlinya. Anda juga perlu ketekunan dan sabar dalam menjalani budidaya durian, mengingat masa panennya yang relatif lama, yakni setahun sekali.
 
bibit durian bawor

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenali Tanda-Tanda Durian Siap Panen

Cara Membuat Bibit Durian dengan Semai Batang Bawah

Membuat durian berbuah di luar musim