Langsung ke konten utama

Mengapa berbisnis durian?


Mengapa berbisnis durian?


Durian adalah salah satu buah unggulan yang menjadi primadona masyarakat Indonesia. Penggemar durian tersebar di seluruh indonesia dan merata di semua kalangan. Anak anak dan dewasa menyukai durian. Oleh karenanya, wajar bila durian banyak diburu pembeli. Sedemikian besar penghobi durian, wajar bila harga durian kian mahal. Meski demikian, tetap tidak menyurutkan langkah mereka untuk membelinya.
Seperti yang diceritakan Hasan (45), salah seorang pedagang durian asal Bekasi yang menekuni usaha durian selama enam tahun di jalan Kalibata, ia mengaku mampu menjual durian dengan harga mulai dari 30 ribu hingga 45 ribu per buah, tergantung jenis dan ukurannya.
Berikut alasan memilih usaha budidaya durian.

Pertama, pangsa pasar yang prospek. Penghobi durian amat banyak, bukan saja di Indonesia, tetapi juga dunia internasional alias pasar ekspor. Itulah sebabnya, potensi penjualannya sangat tinggi. alasan kedua, durian bisa dijadikan bahan baku industri olahan makanan dan sejenisnya. Durian bisa diolah sebagai es durian, dodol durian, lapis legit durian dan lain sebagainya, sehingga memberi nilai tambah bagi durian.

 ketiga, potensi ekspor yang tinggi, Permintaan ekspor dari luar negeri seperti Prancis, Belanda, Brunei, Australia, Malaysia dan Hongkong amat tinggi sehingga berapapun banyak durian akan siap diserap oleh mereka. Bahkan di Jepang, harga durian bisa mencapai 10 ribu yen atau sekitar 700 ribu rupiah. wow, menarik bukan?.

keempat, cara budidayanya relatif agak mudah. Anda tinggal menyiapkan lahan, bibit durian, pupuk dan ketekunan dalam pembudidayaanya. Anda tidak perlu sekolah tinggi tinggi dalam budidaya durian. Yang penting anda punya niat dan tekat untuk menekuninya saja.

Meski demikian, budidaya durian tidak bisa dilakukan asal saja. Anda butuh belajar ke ahlinya. Anda juga perlu ketekunan dan sabar dalam menjalani budidaya durian, mengingat masa panennya yang relatif lama, yakni setahun sekali.
 
bibit durian bawor

Komentar

Pos populer dari blog ini

Cara Membuat Bibit Durian dengan Semai Batang Bawah

Cara Membuat Bibit Durian

Sejatinya, perbanyakan tanaman durian dapat dilakukan dengan dua cara; yakni secara generatif dengan menggunakan bagian tanaman (akar, batang dan daun). dan kedua adalah dengan perbanyakan vegetatif yakni berupa stek, anakan, okulasi, sambungan dan kultur jaringan.
Okulasi , sambungan stek, stek sambung mempunyai keunggulan karena dapat menggabungkan dua sifat yang diinginkan dari dua individu tanaman yang berbeda sehingga disebut juga sebagai cara perbanyakan vegetatif dengan perbaikan.

keunggulan perbanyakan vegetatif lainnya khususnya sambung pucuk pada tanaman durian adalah dapat dilakukan lebih awal pada persemaian batang bawah yang baru berumur dua bulan dengan tingkat keberhasilan sambungan tinggi, yakni sekitar 80 %. Dengan teknik sambung pucuk, para petani penangkar benih tanaman durian memperoleh mutu dalam waktu yang singkat.

Di samping itu, dengan cara seperti ini mutu genetik dapat dipertahankan  bahkan ditingkatkan dan diperoleh pohon yang dapa…

Membuat durian berbuah di luar musim

Membuat durian berbuah di luar musim
Secara umum, tanaman durian mulai berbuah di bulan Agustus sampai November. Namun, seiring perkembangan zaman, kini durian bisa dkembangkan dan dipanen tanpa mengenal musim. Anda tentu penasaran bagaimana cara membuat durian tetap berbuah, walau di luar musim? Berikut ulasannya
Pertama, cara mekanis. Cara ini sudah banyak dilakukan oleh nenek moyang kita yang berkebun durian sejak lama. Pada prinsipnya, cara mekanis ini mengubah perbandingan unsur karbon dan nitrogen dalam tanaman. Nah, cara mekanis ini bisa dilakukan dengan lima cara berikut ini. Pertama, kerat. Yaitu dengan mengerat pembuluh floem (kulit pohon) secara melingkar sepanjang lingkaran pohon sampai terlihat pembuluh xylem (kayu pohon). Kedua, Pruning. Yaitu dengan memangkas daun, cabang dan ranting pohon gundul atau hanya menyisakan sedikit daun (kira kira 100 daun untuk 1 kg buah)
Ketiga, pelukaan. Yaitu dengan melukai pembuluh floem dengan benda tajam. Bentuknya bisa dengan mengerok, m…

Cara Budidaya Durian Unggul

Cara Budidaya Durian Unggul
PersiapanSebelum menanam durian, tentu saja anda harus mempersiapkan lahan, pengukuran PH tanah, analisa tanah, penetapan waktu atau jadwal tanam, pengairan, penetapan luas area tanam, pengaturan volume produksi, penyiapan bibit, biaya dan lain sebagainya
Pembukaan Lahan
Pembersihan dan pengolahan lahan dilakukan beberapa minggu sebelum penanman bibit berlangsung. Batu batu besar, alang alang, batang pohon bekas tebangan dan lain sebagainya harus dibersihkan. Tujuannya tentu saja supaya lahan yang dipakai nanti tidak terganggu dan bibit durian bawor, montong, musang king, menoreh dan seterusnya yang anda tanam nanti berkembang dengan maksimal.
Pembentukan bedengan
Tanah utnuk bedengan pembesaran bibit tanaman durian harus dicangkul dahulu sedalam 30 cm hingga gembur, kemudian dicampur dengan pasir dan kompos yang sudah jadi. Untuk ukuran bedengan lebar 1 m panjang 2m diberi 5 kg pasir dan 5 kg pupuk kompos. Setelah tanah, pasir dan kompos tercampyr merata dan d…