Breaking

LightBlog

Sabtu, 18 April 2020

Bibit Durian Menoreh


Mengenal  Bibit Durian Menoreh

Bibit durian menoreh adalah saah satu varietas pengembangan jenis durian dari Yogyakarta. Sebagaimana namanya, durian di dikembangkan di kawasan perbukitan Menoreh-Yogyakarta. Untuk diketahui, perbukitan Menoreh adalah jajaran perbukitan yang terletak di sebelah barat Yogyakarta. Selain disebut durian menoreh, jenis durian ini juga disebut dengan durian Kulon Progo, salah satu kabuaten yang terletak di sebelah barat kota Yogyakarta.

Bibit Durian Menoreh Relatif Sulit Didapat
Pada awal pengembangannya bibit durian menoreh cukup sulit didapat. Hal ini sebab banyaknya jenis durian yang dikembangkan di daerah Yogyakarta. Namun seiring berkembangnya waktu disertai usaha pemerintah Daerah Kulon Progo, pada kisaran tahun 2000an durian menorah mulai banyak dibudidayakan. Pemerintah Daerah Kulon Progo juga mendaftarkan jenis durian ini sebagai varietas unggulan nasional.


Bibit durian menoreh adalah saah satu varietas pengembangan jenis durian dari Yogyakarta. Sebagaimana namanya, durian di dikembangkan di kawasan perbukitan Menoreh-Yogyakarta. Untuk diketahui, perbukitan Menoreh adalah jajaran perbukitan yang terletak di sebelah barat Yogyakarta. Selain disebut durian menoreh, jenis durian ini juga disebut dengan durian Kulon Progo, salah satu kabuaten yang terletak di sebelah barat kota Yogyakarta.


Daging Buah Berwarna Jingga
Salah satu kekhasan yang akan Anda peroleh ketika membedah buah durian jenis menoreh adalah adalah warna dagingnya yang pekat jingga. Warna ini menjadi salah satu kekhasan dari durian menoreh. Didukung dengan tidak adanya serat di daging, menjadikan jenis durian menoreh sangat nikmat ketika dimakan. Warna jingga sendiri juga menambah nafsu makan bagi penikmatnya.

Durian Menoreh Beraroma Tajam
Meskipun semua durian beraroma tajam, ternyata jenis durian menoreh memiliki aroma yang lebih tajam dibanding dengan jenis durian yang biasa. Karena itu meskipun durian menoreh belum dikupas cangkangnya telah menguarkan aroma khas yang menyengat. Jika ditaruh di etalase kios buah jenis durian ini mampu menarik banyak pelanggan dengan warna kulitnya yang kuning cerah dan aromanya yang menyengat.
bibit durian menoreh

Tumbuh di Dataran yang Lebih Tinggi
Untuk yang tertarik melalukan budidaya durian menoreh hal  yang perlu diingat adalah jenis bibit durian ini membutuhkan dataran tinggi untuk tumbuh. Tinggi yang ideal untuk menyemai durian menoreh adalah 1000 meter di atas laut. Sehingga akan sulit sekali bila hendak ditanam dan dikembangkan sekala besar di dataran yang rendah. Oleh karena itu perlu kiranya tanah yang tepat untuk habitat hidup durian jenis ini. Meskipun begitu, karakter uniknya adalah keunggulan utama bibit durian menoreh.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox