Rabu, 13 Januari 2016

Penyakit Budidaya Durian dan Pengendaliannya

Penyakit Budidaya Durian dan Pengendaliannya


Penyakit bisa mengalami apa saja, siapa saja dan dimana saja, termasuk dalam hal ini adalah dalam budidaya tanaman durian. Penyakit dalam tanaman durian disebabkan banyak faktor. Serangan penyakit ditunjukkan dengan aktivitas sel atau jaringan yang abnormal sehingga menyebabkan penurunan produksi dan kualitas durian yang dihasilkan. Akibatnya, usaha berkebun durian akan mengalami kerugian secara ekonomis. Faktor tersebut yang dimaksud oleh patogen seperti virus, bakteri dan cendawan.


Penyakit kanker batang


Penyakit kanker batang disebabkan oleh cendawan Phytophthora palmivora. Umumnya serangan penyakit ini sering terjadi saat peralihan musim, dari kemarau ke musim penghujan. Gejala yang terjadi pada tanaman durian di batangnya adalah adanya luka yang mengeluarkan lendir warna merah pada kulit batang di bagian bawah dekat tanah. Setelah batang busuk, pucuk pucuk tanaman akan mengering, daun layu, rontok, lalu mati.


Pengendalian Penyakit


Pengendalian yang dilakukan untuk mencegah penyakit kanker batang adalah dengan sanitasi kebun, memperlebar jarak tanam, menekan gulma dan pemangkasan cabang. Namun, jika tanaman sudah terlanjur kena serang kanker batang, maka oleskan Natural Glio, kemudian ditutup dengan Parafin. Bagian batang yang terserang dikerok sampai warna coklat tidak terlihat lagi, kemudian disemprot dengan fungisida berbahan aktif propamokarb hidroklorida dengan dosis 2 g/l atau berbahan aktif mankozeb seperti Ridomil 3-5 ml/l. Tanaman yang sakit juga harus dikendalikan atau dimusnahkan.

Nah, penyakit durian tersebut biasanya diakibatkan karena tidak adanya pencegahan dini dari pekebunnya. Untuk itu, lakukan sanitasi kebun yang baik, memperlebar jarak tanam atau tidak berdekatan, menekan gulma dan pemangkasan cabang. Dengan begitu, semoga kebun durian anda aman dari penyakit dan menghasilkan panen yang maksimal.


Anda ingin budidaya durian? Kami sedia bibit durian unggul meliputi bibit durian bawor, bibit durian montong, bibit durian musang king dan bibit durian petruk. Kami siap kirim kirim ke lokasi anda dengan jasa ekspedisi travel, kereta dan udara. Anda yang berlokasi jauh seperti di Kalimantan ; Samarinda, Balikpapan, Ujung Pandang, Pontianak, Kaltim, Medan, Batam, Lampung, Makassar, Bogor, Jakarta, Bandung, Depok, Tangerang, Banten, Cirebon, Ciamis, Majalengka, Cianjur, Slawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Jember, Situbondo, Banyuwangi, Bali, Papua, Rembang, Pati, Klaten, Kudus, Demak, Semarang, Salatiga, Boyolali dan sebagainya kami bisa kirim ke lokasi anda.

bibit durian unggul

Tidak ada komentar:

Posting Komentar