Kamis, 15 Oktober 2015

Hama Tanaman Durian (Bagian II)


Hama Tanaman Durian (Bagian II)

Kutu Loncat Durian


Kutu loncat durian adalah salah satu hama tanaman yang kerap mengganggu tanaman durian. Hewan berjenis serangga ini memiliki ciri ciri berwarna tubuh kecoklatan  dan diselimuti benang benang lilin putihhasil sekresi tubuhnya. Bentuk tubuh sayap dan tungkainnya mirip dengan kutu loncat yang menyerang tanaman lamtoro.

Pertanyaanya, bagaimana gejala atau tanda tanda bahwa tanaman durian terserang hama ini? Ya kutu loncat bergerombol menyerang pucuk daun yang masih muda dengan cara menghisap cairan pada tulang tulang daun sehingga daun daun akan kerdil dan pertumbuhannya terhambat. Setelah menghisap cairan, kutu ini mengeluarkan cairan getah bening yang pekat rasanya manis dan merata ke seluruh permukaan daun sehingga mengundang semut semut bergerombol.

Bagaimana pengendaliannya?, pengendaliannya tentu saja daun daun dan ranting ranting yang terserang dipangkas untuk dimusnahkan. Pengendalian secara kimia dapat dilakukan dengan menyemprotkan insektisida Supracide 40 EC dosis 100-150 gram/5 liter air.
hama durian kutu loncat daun
hama tanaman durian.


Anda berminat budidaya durian? Kami sedia dan jual bibit durian unggul kualitas super dan siap kirim ke seluruh indonesia. Cara transaksi bisa dengan datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Sleman Jogjakarta. Untuk wilayah Jogja, Bantul, Wonosari Klaten, Magelang, Temanggung, Wonosobo, Purworejo, Kulon Progo dan sekitarnya bisa langsung datang ke kami. Untuk radius jauh bisa lewat telpon dan kami kirim via travel atau ekspedisi kereta dan darat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar