Breaking

LightBlog

Rabu, 19 September 2018

Perawatan Bibit Durian Musang King agar Tumbuh Lurus


Merawat Bibit Durian Musang King Agar Tumbuh Tegak

Bibit Durian, Buah lebat yang meningkatkan panen durian Musang King biasanya didapat dari pohon durian yang mampu tumbuh tinggi menjulang. Namun merawat bibit durian Musang King sehingga yang mampu tumbuh tinggi perlu usaha keras. Banyak orang berpengalaman dalam budidaya durian mengatakan bahwa usahanya perlu dilakukan sejak bibit durian Musang King disemai.

Memotong Percabangan Bibit Durian Musang King

Hal utama yang dilakukan untuk bisa memaksimalkan pertumbuhan bibit durian Musang King agar berbatang tegak dan lurus adalah dengan memotongi cabang-cabang baru secara teratur. Pemotongan mesti dilakukan sejak bibit berusia sekitar enam bulan. Di usia itu  biasanya bibit durian Musang King telah mulai tumbuh banyak cabang. Hal ini dilakukan untuk memfokuskan pertumbuhan batang bibit durian tegak lurus ke atas. Dengan memotong percabangan maka pertumbuhan bibit durian akan fokus ke batang utama yang tegak lurus.
bibit durian


Membantu dengan Penyangga Batang

Karena batang bibit durian Musang King di usia awal masih belum kuat, ada baiknya Anda membantunya dengan penyangga. Penyangga batang ini berupa ranting atau kayu lurus yang dilekatkan pada batang bibit durian Musang King. Tujuannya untuk menstabilkan posisi batang bibit agar pertumbuhannya tetap tegak lurus. Penyangga ini juga bisa dimanfaatkan untuk membantu meluruskan batang bibit durian yang bengkol. Dengan begitu batang bibit durian Musang King Anda akan tumbuh tegak secara maksimal.

Menyiapkan Bedeng yang Stabil

Membuat bedeng yang rata dan stabil mesti dilakukan posisi bibit durian tetap aman ketika masa penyemaian. Jika menggunakan polybag, maka Anda perlu menyiapkan tatakan supaya  posisi kantong-kantong bibit durian Musang King tidak rawan bergeser. Dengan begitu maka batang pohon akan tetap mengarah ke atas.
Tiga cara tersebut pada dasarnya membutuhkan kecermatan dan intensitas perawatan yang baik. Hal tersebut untuk mengetahui jika sewaktu-waktu posisi bibit berubah atau muncul percabangan-percabangan baru. Dengan begitu batang bibit durian Musang King tegak lurus yang akan menghasilkan panen melimpah bisa didapat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox